Sunday, September 9, 2012

Menjadi Guru Hebat



Bagaiamana menjadi guru hebat?

Seperti apakah sosok guru hebat? Mungkin sebagian dari para guru bertanya tentang hal itu, sayapun juga sering bertanya pada diri saya sendiri, apasih yang menjadi kriteria menjadi guru hebat. Karena panasaran, sayapun mencoba mengumpulkna berbagai macam informasi dari buku, media cetak, dari siswa dan dari para guru itu sendiri.

Dari informasi yang saya kumpulkan saya dapat menyimpulkan untuk menjadi guru hebat ada dua orientasi yang harus di jadikan arahan. Pertama, orientasi pada peningkatan profesionalitas guru. Kedua, orientasi pada kualitas dan kemajuan peserat didik.

Kedua hal di atas harus di lakukan secara seimbang. Mungkin setiap hari kita selalu mengarahkan atau memberikan nasehat kepada murid-murid kita, tapi terkadang kita sendiri lupa menasehati diri sendiri. Kita juga selalu mengajarkan siswa supaya mendapatkan nilai baik dalam setiap mata pelajaran, kita juga mengajarakan supaya siswa rajin belajar dan menjadi siswa-siswi yang berpresatasi. Tapi lagi-lagi kita juga sering lupa bahwa kita juga harus rajin belajar.

Dengan kata lain untuk menjadi guru hebat, seorang guru harus menjadi manusia pembelajar. Kenapa harus menjadi manusia pembelajar? Karena tidak ada guru yang sempurna, guru hanya manusia biasa, yang juga memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Tapi dengan menjadi manusia pembelajar guru akan senantiasa meningkatkan kualitas dirinya setiap saat. Banyak sumber yang bisa di jadikan pembelajaran tidak harus melalui seminar, pelatihan maupun pendidikan. Kita juga bisa belajar banyak dari lingkungan sekitar, dari masyarakat, dari para siswa, dari para ibu-ibu yang mengeluhkan anak-anaknya dan masih banyak lagi yang lain.

Guru yang hebat tidak akan pernah berhenti belajar, meskipun dia sudah dalam kehidupan yang paling mapan, dan gelar yang sangat professional. Dia tidak akan menempatkan dirinya sebagai orang hebat yang tahu banyak hal, tapi dia akan menempatkan dirinya sejajar dengan orang lain, bahwa semua masih dalam tahap belajar.

Guru yang hebat juga tidak hanya sekedar mengajar dan memberikan pelatihan, tetapi dia akan senantiasa memberikan pendampingan pada para siswa, memberikan contoh dan teladan langsung bagaiamana menjalani kehidupan di sekolah maupun di masyarakat kelak. Inilah sedikit dari karakter seorang guru yang hebat.

  • Guru yang memberikan informasi hanyalah Guru Biasa
  • Guru yang mampu memberikan Inspirasi adalah Guru Luar Biasa 
Source : cafemotivasi.com

No comments:

Post a Comment