Saturday, September 1, 2012

Makan ini untuk Mengembalikan Mood Buruk

Tekanan di sekolah atau tempat kerja, berselisih dengan teman, atau hal-hal buruk lainnya bisa memperburuk perasaan kita. Biasanya saat begini, kita jadi malas makan. Walau sesungguhnya bisa merembet pada kesehatan tubuh.

Nah, daripada menghindari makanan, kenapa tidak coba jenis makanan berikut ini. Menurut penelitian, inilah makanan yang akan memperbaiki mood buruk kita.


Saat sedih
Ikan salmon, contoh ikan yang kaya akan Omega-3

Kalau sedang sedih, coba untuk makan makanan yang kaya akan Omega-3. Tujuannya adalah meningkatkan mood serta mengatasi tekanan agar tidak semakin larut dalam kesedihan.

Menu yang dianjurkan:
ikan-ikanan, telur, daging merah.

 
Saat marah
Daging unggas, ayam bakar

Menurut penelitian di Jepang, seperti dikutip dari ivillage.co.uk, zinc dapat membantu mengendalikan emosi dan meredakan kemarahan.

Menu yang dianjurkan: daging merah, daging unggas, produk susu, makanan laut, gandum-ganduman, kacang-kacangan.


Saat takut
Brokoli, contoh sayur yang kaya akan folat

Sedang takut dan tidak tenang akan sesuatu? Yang perlu dikonsumsi adalah menu-menu yang kaya akan folat. Seperti halnya Omega-3, folat akan membantu mengatasi perasaan tidak tenang yang dialami.

Menu yang dianjurkan: alpukat, sayuran berdaun hijau, asparagus, kacang-kacangan, kacang polong.


Saat tak percaya diri
Para peneliti di McGill University Monteral mengatakan, cara mengatasi kurang percaya diri bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tryptophan.

Menu yang dianjurkan: daging (terutama ayam), ikan (terutama salmon dan tuna).


Saat patah hati
Banyak orang bilang saat sedang sedih, cokelat akan membantu mengatasi kesedihan tersebut dan mengembalikan mood. Hal ini memang benar, cokelat mengandung bahan kimia yang bisa menenangkan, meningkatkan mood serta membuat seseorang bahagia.


Saat cemas
Saat sedang cemas, gugup dan bingung, lebih baik hindari kopi. Gantikan dengan teh herbal yang jauh memberikan ketenangan dan membuat rileks.

Menu yang dianjurkan: secangkir teh hangat agar kembali relaks dan tenang, serta meredakan gugup.


No comments:

Post a Comment