Sunday, September 9, 2012

Libas Perancis, Jepang ke Final


Jepang memastikan tiket ke final sepak bola putri Olimpiade London 2012, setelah melibas Perancis di babak empat besar, Senin (6/8/2012) atau Selasa (7/8/2012) dini hari WIB.

Kedua tim bermain hati-hati saat peluit kickoff ditiup.

"Les Bleus" mendapat peluang pertama pada menit ke-15. Namun, sepakan Elodie Thomis diselamatkan kiper "Samurai Biru", Miho Fukumoto.

Beberapa saat kemudian, Perancis membuang peluang keduanya setelah eksekusi Gaetane Thiney menjauhi sasaran. Begitu pula sepakan Sandrine Soubeyrand yang lagi-lagi dimentahkan Fukumoto.

Tim "Negeri Matahari Terbit" justru unggul lebih dulu pada menit ke-31, setelah eksekusi Yuki Ogimi gagal diselamatkan kiper Perancis, Wendie Renard.

Perancis kontan membombardir pertahanan Jepang untuk menyamakan kedudukan. Namun, tiga peluang Thiney, Corine Franco, dan Laure-Marie Delie gagal menemui sasaran. Hingga jeda, Jepang tetap unggul 1-0.

Bahkan, tim asuhan Norio Sasaki memperbesar keunggulan saat paruh kedua berjalan empat menit melalui Mizuho Sakaguchi.

Dua pergantian langsung dilakukan Pelatih Perancis Bruno Brini pada menit ke-56 dan 58. Soubeyrand dan Thiney keluar dan digantikan duet Eugenie Le Sommer plus Camille Abily. Hasilnya, Perancis berhasil mendulang golnya pada menit ke-76 melalui suntingan Le Sommer.

Namun, hingga wasit dari Meksiko, Quetzalli Alvarado meniup peluit akhir, Jepang sukses mempertahankan keunggulan 2-1.

Perancis layak menangis setelah membuang percuma 26 tembakan yang sebelas di antaranya tepat mengarah ke sasaran dalam pertandingan itu. Sementara Jepang mengoleksi cukup mengarahkan tiga tembakan ke gawang dari total empat tembakan. "Les Bleus" juga unggul penguasaan bola 53 persen.

Di final, Jepang akan menghadapi Kanada atau Amerika Serikat yang pertandingannya masih berlangsung saat berita ini ditulis. http://bola.kompas.com


No comments:

Post a Comment