Sunday, September 9, 2012

Final Piala Dunia Wanita 2011: Jepang Juara Dunia!

Lengkap sudah perjalanan Jepang dalam Piala Dunia Wanita 2011. Setelah mengempaskan tuan rumah Jerman di babak perempat final dan menekuk Swedia di semifinal, kini giliran Amerika Serikat yang dipaksa menyerah dalam duel final yang sangat sengit.
Turun dengan formasi yang sama dengan lawannya, 4-4-2, Jepang gagal membuka skor di babak pertama. Demikian pula The Yankees. Skor kaca mata pun bertahan.
Amerika Serikat yang ingin membuat rekor sebagai tim pertama yang berhasil menjuarai Piala Dunia tiga kali, berusaha berbenah. Pelatih Pia Sundhage memasukkan striker Alex Morgan yang sebelumnya tampil apik di semifinal. Hasilnya cukup ampuh.
Mandulnya lini depan kedua tim cair pada menit 69. Morgan menunjukkan kapasitasnya dengan menjebol gawang Ayumi Kaihori. 1-0 Amerika Serikat unggul.
Jepang yang tak ingin setengah-setengah, terus pantang menyerah. Akhirnya, kerja keras mereka terbayar ketika di menit 81, sayap kiri Aya Miyama menyamakan kedudukan.
Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit sehingga dilakukanlah babak extra time. Amerika Serikat yang kebobolan di 10 menit akhir, tampak tak terlalu jatuh mentalnya. Bahkan, menjelang babak pertama perpanjangan waktu berakhir, The Yankees kembali unggul. Striker Abby Wambach sukses menambah pundi golnya untuk AS di menit 104.
Tertekan mesti menyamakan kedudukan, tidak membuat Jepang goyah. Bahkan, mereka sukses mengulang kejadian dalam laga 90 menit. Giliran sang nomor 10, Homare Sawa yang menyelamatkan Jepang dari kekalahan dengan gol krusial di menit 117.
Di penghujung laga, Jepang sebenarnya kehilangan seorang pemain. Azusa Iwashimizu mesti keluar lapangan. Namun, waktu yang sangat sedikit, tak membuat keunggulan pemain menguntungkan Amerika Serikat.
Pada babak adu penalti, kiper Ayumi Kaihori yang menjadi penyelamat Jepang saat menahan gempuran Jerman di perempat final, kembali menunjukkan tuahnya. Ia berhasil menghalau tendangan Shannon Boxx dan Tobin Heath. Sementara itu, tendangan Cari Lloyd melenceng. Hanya Abby Wambach yang sukses mengeksekusi penalti.
Sebaliknya, tiga dari empat penendang Jepang mulus. Cuma Yuki Nagasato yang tendangannya tertepis. Selebihnya, Aya Miyama, Mizuho Sakaguchi, dan Saki Kumagai sukses menekuk kiper Solo Hope. Jepang menang 3-1 dalam drama adu penalti ini.
Kemenangan Jepang jelas sangat fantastis. Untuk pertama kalinya, sebuah tim Asia berhasil menjuarai Piala Dunia, baik tingkat laki-laki atau perempuan. Jepang juga sukses menghancurkan dominasi Jerman, Amerika Serikat, dan Brazil di Piala Dunia.
Satu lagi, Nadeshiko Japan membuktikan bahwa wanita bisa membuktikan kemampuannya di berbagai bidang, termasuk sepakbola, olahraga terpopuler dunia.


No comments:

Post a Comment