Tuesday, August 14, 2012

Tips Mudik untuk Anda

Lebaran sebentar lagi tiba.... Apa nih persiapan teman-teman Fano? . Mungkin ada yang persiapan mudik atau pulang kampung? Kalau saya sendiri tidak mudik hehehe . Bagi rakyat Indonesia mudik menjelang Idul Fitri seperti sebuah ritual tersendiri. Yah, di moment seperti Idul Fitri adala moment yang paling tepat untuk berkumpul bersama seluruh keluarga  . Sungguh sebuah kegembiraan yang tak tergantikan dengan hari-hari apapun.

Fano di artikel kali ini akan membahas Tips Mudik. Ada yang sampai rela menghabiskan uang untuk membeli tiket yang harganya naik berlipat-lipat. Ada yang menghabiskan waktu perjalanan dengan menggunakan  bis, kereta, pesawat, kapal semalaman sampai berhari-hari untuk sampai di tempat tujuan. Sungguh suatu yang melelahkan. Bahkan tak sedikit pemudik berhutang kepada tetangga ataupun yang lain hanya untuk sekedar mudik . Itu sebagai gambaran bahwa mudik salah satu bagian penting yang sulit dipisahkan menjelang Idul Fitri .

Nah, Tips Fano kali ini Fano rangkum dari berbagai sumber yang telah Fano baca dan dengar sendiri. Mungkin tak lengkap, tapi Fano berharap semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin berpulang kampung . Yah, Fano hanya sekedar membagikan ilmu yang Fano dapat .

Fano pertama kali akan membahas tentang jalannya mudik itu sendiri dan jalannya hari raya. Ada beberapa tips dari Fano agar mudik ini lebih bermakna, yaitu:

1.      Memilih alat transportasi yang aman dan nyaman.
Pilihlah alat transportasi yang terjangkau tetapi juga aman dan nyaman. Jika tidak memungkinkan, maka jangan memaksakan, carilah pilihan yang lain dan usahakan diskusikan bersama keluarga tercinta bila Anda berangkat dengan sanak keluarga . Biar bagaimanapun kenyamanan itu sendiri berbeda setiap orangnya . Untuk alat transportasi udara Fano sarankan supaya membeli tiket jauh-jauh hari. Karena biasanya setiap tahun bila hari keberangkatan semakin mendekati Idul Fitri terjadi lonjakan yang sangat tinggi pada harganya.

Dan sekali lagi Fano ingatkan jangan memaksakan . Keinginan mudik yang begitu besar, tanpa didukung kondisi ekonomi yang memadai banyak  mendorong orang untuk nekat mudik dengan alat transportasi seadanya. Dan hasilnya, justru kesedihan dan berbagai musibah bahkan bisa kehilangan orang-orang tercinta . Maka utamakanlah faktor keamanan dan kenyamanan Anda .

2.      Upayakan perjalanan mudik selalu dalam  kondisi senyuman dan menyenangkan
Pusing? Stres karena macet? Emosi karena anak terus mengeluh? dan berbagai permasalahn lainnya . Semua itu ada solusinya. Apa solusinya? Yaitu rencana . Semua ada baiknya sebelum melakukan sesuatu didasari atas pemikiran ataupun perencanaan. Kembali ke tips diatas kita diajak untuk kembali berdiskusi ke sanak keluarga. Jalan yang mana yang akan ditempuh, hari keberangkatan, dan faktor lainnya yang perlu diperhatikan.

Disini Fano akan tekankan pada orang tua. Salah satu faktornya adalah kondisi fisik. Kondisi fisik yang baik sangat dituntut untuk para orang tua. Tidak mampunya fisik orang tua akan berdampak kepada anak. Ada baiknya bila nanti Anda bermudik pikirkan fisik buah hati Anda. Berilah jeda istirahat tertentu agar anak Anda tak terlalu jenuh dengan bermudik Anda. Dan masih banyak faktor lainnya .

Senyum yang Fano maksud dibagian ke dua ini adalah buatlah rencana sebaik mungkin agar perjalanan Anda menyenangkan. Jangan sampai Anda menunjukkan wajah emosi, itu akan membuat buah hati Anda akan merasa tidak enak akan situasi. Bermainlah, ceritakan sesuatu, dan lain lain. Hehe lagi-lagi Fano lebih membicarakan pentingnya peran orang tua .

hehehehe   baiklah Fano akan bahas bagi mudiknya sendiri . Ingatlah apa yang menjadi tujuan Anda. Bayangkan apa yang akan Anda dapatkan setelahnya. Kehangatan keluarga, keceriaan dan kebahagian. Dengan membayangkan kita secara tak sadar membuat hati dan perjalanan kita akan menjadi menyenangkan. Ini adalah salah satu trik Fano agar tak jenuh diperjalanan hehe hanya sekedar bagi pengalaman . Bagaimana dengan tips dan trik sabat Fano yang lain? . Share saja dengan berkomentar dibawah .

3.      Menyiapkan dana dengan sebaik-baiknya
Mudik membutuhkan dana yang harus disiapkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kita menggunakan harta yang haram misalnya harta yang didapatkan dari berhutang dengan riba, atau melakukan berbagai aktivitas yang terkait dengan riba, dan yang lainnya. Dan pula  Jangan sampai kita memberi makanan atau hadiah dari sesuatu yang haram kepada keluarga dan kerabat tercinta karena sama saja kita menyiapkan api neraka untuk mereka .  Pengelolaan dana mudik yang baik juga harus kita lakukan karena akan menghindarkan kita dari kedzaliman .

Fano ingatkan pakalah uang denga sebijak-bijaknya. Jangan karena ingin berhemat Anda menyampingkan keselamatan Anda atau keluarga Anda . Itu adalah cara hemat yang salah .

4.      Memilih kegiatan berlebaran yang tepat
Hari raya adalah saat yang ditunggu untuk bertemu dengan kerabat sehingga sebaiknya digunakan untuk acara keluarga. Inilah saat yang tepat untuk saling menanyakan kabar, berbagi cerita, berdiskusi  mencari solusi jika ada masalah dalam keluarga, makan dan minum bersama termasuk berbagi hadiah jika memang ada dan lain-lain. Sungguh saat-saat yang sangat indah, menyenangkan dan membahagiakan . Kita bisa saling menasihati untuk melakukan berbagai kebaikan dan mencegah dari keburukan.

Berlebaran dengan saling berkunjung ke kerabat  saat ini mulai agak tergeser dengan tren berlebaran dengan pergi ke tempat wisata.  Tentu ini sangat disayangkan sekalipun sebenarnya boleh-boleh saja mengajak keluarga ke tempat wisata.  Mengunjungi  kerabat baik dekat maupun jauh untuk menjalin silaturahmi tentu jauh lebih bernilai daripada pergi berwisata. Jadi, manfaatkan waktu yang Anda dengan saling silahturahmi .


Bahasan Fano yang ke dua ialah tentang bekal dalam perjalan . Yaps, salah satu yang terpenting menurut Fano . Dan apa sajakah yang harus dibawa? .

Ahli nutrisi Emilia E. Achmadi MS, RD menjelaskan ke salah satu wartawan media bahwa "Sebaiknya kita membawa makanan yang tidak mudah rusak tanpa pendinginan, artinya makanan yang tidak berkuah dan bersantan,"

Makanan tersebut adalah roti, kentang rebus, ubi rebus, telur rebus, dan buah-buah segar utuh (pisang, jeruk, apel, jambu, hindari buah potong). Sedangkan untuk minumannya air mineral, serta susu UHT. " Susu UHT menjadi pilihan yang paling mudah karena selain mudah untuk dibawa, juga dapat bertahan cukup baik tanpa pendinginan selama 24 jam," Tambah-Nya. Dan jangan lupa air mineral untuk asupan cairan sahabat Fano.


Aduh, capek nih ngetik saya hohohoho . Apa boleh buat agar artikel ini selesai, mari lanjut lagi kebahasan berikutnya hehehe .


Kini bahasan selanjutnya adalah mengenai Peta Perjalanan. Kemana? USA mungkin hohoho . Udah ah, kembali serius lagi hehe . Kini Fano mempunyai peta mudik bagi Anda pulang kampung khususnya di pulau Jawa. Dan untuk online Fano punya link untuk melihat petanya.

Mari langsung saja dilihat:

Akhirnya selesai juga . Semoga artikel Fano kali ini bermanfaat untuk kita semua. Bantu Share bila teman-teman merasa artikel ini bagus dan mohon cantumkan sumbernya karena Fano capek ngetiknya . Akhir artikel saya mengucapkan terima kasih untuk teman-teman Fano yang telah mengunjungi tama Fano saya ini . Jangan jeranya hehe .

(: tiap-menit - Smiles to you all as always :)

No comments:

Post a Comment