Monday, August 13, 2012

Tips Mudik 2012

Lebaran atau idul fitri tinggal menghitung hari. Banyak masyarakat Indonesia melakukan Mudik atau pulang ke kampung halaman. Mudik sudah menjadi kegiatan tahunan menjelang hari lebaran. Perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan memerlukan persiapan yang cukup terutama kondisi fisik. Berikut tips aman sampai tujuan.
Tips Mudik

1. Persiapkan kendaraan
Persiapan kendaraan sangat penting dilakukan, baik itu perbaikan atau perawatan berkala. Jangan lupa persiapkan juga peralatan mobil seperti kunci-kunci, dongkrak, tali derek, kotak P3K dan lain-lain.

2. Bawa peta jalur mudik
Walau terlihat sederhana, tapi ini sangat krusial, lengkapi perjalanan Anda dengan peta perjalanan. Sebaiknya, peta tersebut juga mengandung informasi tentang lokasi SPBU, ATM, tempat istirahat, dan jalur-jalur rawan/alternatif. Akan lebih baik lagi jika Anda melengkapi dengan pemandu GPS (Global Positioning System).

3. Jaga kondisi fisik
Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit terutama bagi driver. Jangan sekali-kali bepergian dalam kondisi kurang fit. Lemahnya daya tahan tubuh atau menurunya vitalitas tubuh akan mengurangi daya konsentrasi apalagi bagi yang akan mengendarai mobilnya sendiri.

4. Packing barang dengan benar
Urutkan barang berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan, agar tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

5. Jangan membawa barang berlebihan
Bawalah barang seperlunya saja, membawa barang berlebihan hanya akan membawa beban yang berat pada kendaraan Anda dan membuat Anda kerepotan membawanya.

6. Catatlah nomor telepon penting
Dengan mengetahui nomor-nomor penting seperti: pos polisi, jasa marga, info jalan tol, jaringan bengkel resmi dan lain-lain, akan sangat membantu jika Anda mengalami masalah di perjalanan.

Lakukan Tips Mudik diatas agar perjalanan Anda aman dan nyaman, jangan lupa selalu berdoa sebelum perjalanan. Semoga selamat sampai tujuan.


No comments:

Post a Comment