Tuesday, August 28, 2012

10 Fenomena Alam Yang Menakjubkan


Berikut 10 Fenomena Alam di Dunia :

1. Pink and White Terraces ( Kolam Air Panas Sebesar 3 Hektar)

Gambar di atas adalahPink and White Terraces merupakan fenomena alam yang berupa kolam air panas terbesar berukuran 3 hektar dari Selandia Baru. Namun sayangnya kini tinggal kenangan karena telah rusak akibat ledakan vulkanik gunung Tarawera di tahun 1886. Fenomena alam air hangat ini terbentuk oleh geyser dan es disepanjang lereng gunung. Fenomena alam ini masuk ke dalam salah satu dari 8 keajaiban dunia.

2. Cave of Crystal (Gua Kristal Raksasa)
http://1.bp.blogspot.com/_o69rY0v-dns/TSd8vtOJjPI/AAAAAAAAAiM/ruAR2qq86PM/s400/Crystal%2BCave%2Bof%2Bthe%2BGiants%252C%2BMexico.jpg
Gua yang berisi pilar-pilar kristal yang terletak di sebuah pertambangan di Cihuahua Meksiko.  Gua ini pertama kali ditemukan dua penampang yang mencari jalan keluar pada 2001. Gua ini memiliki barisan kristal yang sangat menakjubkan dengan ukuran kristal yang cukup besar mirip kristal-kristal di film superman.

3. Catatumbo Lightning (Sambaran Petir Terbesar)
fenomena alam
Penduduk Venezuela menyebut fenomena ini “Relampago del Catatumbo”. Lokasi petir ini dapat ditemukan di mulut sungai Catatumbo di danau Marcaribo Venezuela. Petir ini tingginya dapat mencapai 5km. Petir ini terjadi 140 sampai 160 kali di malam hari. Setiap jam bisa terjadi 280 kilatan petir. Jadi dalam 1 tahun diperkirakan terjadi 448.000 ledakan petir. Petir ini terjadi akibat tabrakan angin yang berasal dari gunung Andes. Beberapa orang mengatakan wilayah ini memiliki lapisan ozon terbesar di bumi.

4. Light Pillars (Pilar Cahaya Seperti Aurora)
http://listverse.files.wordpress.com/2012/02/090219-01-night-light-pillars_big.jpg?w=550&h=322
Fenomena Visual yang tercipta oleh refleksi cahaya. Pilar Cahaya, bagi sebagian orang merupakanfenomena alam yang sangat menakutkan. Cahaya ini muncul secara tiba-tiba tanpa sumber yang jelas. Cahaya ini dapat muncul karena pantulan dari kristal es yang tepat terkena sinar matahari. Namun belum diketahui secara pasti, penyebab fenomena ini. Namun fenomena ini begitu unik, hingga sangat disayangkan jika momen ini tidak diabadikan.

5. Penitentes ( Salju Yang Meruncing Membentuk Pola Unik)
http://1.bp.blogspot.com/-CI4bcKKGb30/TgB2hTUbPSI/AAAAAAAAAao/-xKHCDJNiJo/s1600/Penitentes.jpg
Fenomena alam yang hanya terjadi di wilayah antara Cili dan Argentina. Fenomena alam ini adalah fenomena salju yang meruncing ke atas yang diakibatkan oleh angin yang kencang di wilayah gunung Andes. Fenomena ini juga dinamakan dengan Peak Hooded New Mexican Monks, Peninentes merupakan pisau es yang terbentuk secara alami, mengikuti arah matahari. Fenomena Penintes sangat jarang di temui, kecuali di dataran tinggi atau tempat yang lebih tinggi. Peninentes dapat tumbuh lebih tinggi dari manusia dan terbentuk dengan cara mencair melalui pola tertentu.

6. Moeraki Boulders (Batu Bulat Raksasa)
http://2.bp.blogspot.com/_rqaSOm-rJ4M/TJEuLt_kLvI/AAAAAAAAAA8/rbB8cn6Ia3w/s1600/Moeraki-Boulders-round1.jpg
Bongkahan batu Moeraki (Moeraki Boulders) adalah batu yang luar biasa besar dan bulat tergeletak sepanjang hamparan Pantai Koekohe di pesisir Otago, Selandia Baru antara Moeraki dan Hampden. Batu bundar di pantai tersebut terbentuk oleh ombak.

7. Sun Dogs (Tiga Matahari)
http://1.bp.blogspot.com/_z989WeJjtWI/TCb2cfsDxrI/AAAAAAAAAeo/ofyL169gCOM/s400/sun+dogs_jpg.jpg
Fenomena yang sempat membuat heboh ini yaitu bernama Sun Dogs, yaitu  dimana matahari tampak muncul sejajar tiga buah matahari. Yups benar sekali fenomena alam ini menampilkan 3 matahari pada garis horizon.

8. Columnar Basalt (Erupsi Lahar Yang Berbentu Seperti Batako)
http://2.bp.blogspot.com/-VtR_8d3k-iw/TcV2gXTPELI/AAAAAAAACmU/S1IUuVPn51w/s400/basalt2.jpg
Formasi batu yang terbentuk akibat erupsi lahar yang membeku. Fenomena alam ini terdapat di Giant’s causeway Irlandia Utara.

9. Red Tides (Laut Tiga Warna)
http://1.bp.blogspot.com/_DQjTHcpmNIY/TQWfS_L2trI/AAAAAAAAAGU/Yc-VfrFuwbc/s1600/red-tides.jpg
Red Tides merupakan sebuah fenomena alam air laut yang berubah warna menjadi merah yang disebabkan oleh fitoplankton. Red Tides dapat menyebabkan kematian massal biota laut, perubahan struktur komunitas ekosistem perairan, keracunan dan juga bisa menyebabkan kematian pada manusia. Ini terjadi dikarenakan fitoplankton tersebut mengeluarkan racun. Faktor yang mempengaruhi fenomena Red Tides yaitu termasuk suhu permukaan laut yang hangat, salinitas rendah, kandungan gizi yang tinggi, dan laut yang tenang. Selain itu, fitoplankton tersebut dapat menyebar dengan jauh oleh angin, arus, dan badai.

10. Ice Circles
http://4.bp.blogspot.com/-5lHiiYIVhOc/Tn7D5TiyE6I/AAAAAAAADRs/TPuMvD-MICk/s1600/ice-circles-342.jpg
Ice Circle atau lingkaran es adalah sebuah fenomena yang muncul pada air yang memiliki arus lambat di iklim dingin. Bentuknya menyerupai piringan raksasa yang terdiri dari es dan berotasi secara lambat di permukaan air. Lingkaran-lingkaran es adalah fenomena yang sangat jarang terjadi di permukaan air dingin. Lingkaran-lingkaran besar es ini dapat ditemukan di wilayah Skandinavia dan Amerika Utara. Fenomena ini terakhir kali ditemui di Inggris pada Novermber 2009.

Nah itu dia 10 Fenomena Alam yang luar biasa menakjubkan dan sungguh mrmprsona. Saya harapkan artikel ini memberi manfaat buat sobat semua.

No comments:

Post a Comment