Thursday, July 5, 2012

PERMAINAN TAKSIR KOTAK

TAKSIR KOTAK


    Permainan ini dilakukan  secara beregu, satu regu minimal dua orang, dipimpin oleh tiga orang pimpinan permainan. Tiga orang piminan tersebut bertgas untuk mengendalikan permainan satu orang bertugas untuk memberikan pertanyaan, satu orang bertugas untuk memeriksa jawaban, dan satu orang lagi bertugas mengawasi papan permainan.

  • Cara Bermainnya
     Mencaat satu huruf di papan permainan, satu huruf tersebut diambil dari nama kelompok, jumlah huruf dari nama seluruh kelompok yang bermain harus sama minimal empat huruf, sebelum mencatat satu huruf tersebut masing-masing kelompok harus bisa menjawab pertanyaan dari pimpinan permainan jika tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut serahkan jawaban ke pimpinan yang bertugas memeriksa jawaban, jika benar akan diperintahkan melapor kepada pimpinan permainan yang bertugas mengawasi papan permainan setelah itu kita dapat menulis satu huruf dari nama kelompok satu persatu, jika kita telah berhasil menyusun huruf nama kelompok maka kitalah yang menang.
Sebelum permainan ini di mulai, pimpinan permainan harus menediakan sebanyak mungkin pertanyaan agar tidak kehabisan pertanyaan, pertanyaan yang telah diajukan boleh ditanyakan lagi, pertanyaan tersebut di tulis dalam kertas dan di gulung, jangan lupa buat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. pertanyaan-pertanyaan ini dapat di sesuaikan, jika kita ingin menguji kemampuan dalam bidang study matematika, maka perbanyaklah soal matematika, dapat di sesuaikan dengan tingkat usia, kelas, maupun jenjang pendidikan

  • Tujuan
  1. Mengembangkan kecerdasan intelektual.
  2. Media pembelajaran pendidikan anak usia dini .

  • Manfaat
  1. Mengembangkan kecerdasan emosi antara personal anak.
  2. Melatih jiwa sportifitas.
  3. Mengembangkan kecerdasan logika anak.
  4. Mengembangkan kecerdasan intelektual anak.

  • Bentuk Lapangan
    Lapangan dapat di buat di papan tulis di buat kotak-kotak kecil seperti dalam setrimin tidak di tentukan berapa jumlahnya.

  • Teknik Bermain
    Jika permainan ini baru di mulai panggilah ketua kelompok dari masing-masing kelompok yang bermain masing-masing di beri petnyaan, satu kelompok satu pertanyaan siapa yang paling cepat menjawab dia yang berhak menuliskan satu huruf di papan permainan, setelah bisa menjawab pertanyaan laporkan pada pimpinan permainan yang bertugas untuk memerikasa jawaban. Jika jawaban itu benar kita akan di suruh melapor pada pengawas papan itu baru bisa menulis satu huruf dari nama grup masing-masing, kita mencegat kelompok lain dengan menulis satu huruf di depan/samping/atas/bawahkolom pemain lain agar pemain lawan tiddak dapat menyelesaikan susunan nama tersebut.

  • Jumlah Pemain
    Tiga orang bertugas mengawasi permainan/mengendalikan permainan (memberikan pertanyaan, memeriksa jawaban, dan mengawasi papan permainan) di mainkan secara berkelompok minimal dua orang dalam satu kelompok jumlahnya tidak di tentukan lamanya permainanpun tidak di tentukan, tetapi jika ada yang bisa menyusun nama kelompoknya dengan benar maka secara otomatis pemain/grup/kelompok lain kalah.






No comments:

Post a Comment