Saturday, July 14, 2012

Dicari hidup atau mati: ikan piranha

Ikan piranhaCina melarang impor ikan piranha, yang berasal dari kawasan Amerika selatan.

Pemerintah kota Liuzhou, Cina Selatan, menawarkan hadiah bagi orang yang berhasil menangkap ikan piranha, hidup atau mati.

Hadiah itu ditawarkan setelah dua orang mengaku digigit ikan pemangsa daging itu di sungai setempat. Sementara ikan piranha belum berhasil ditangkap, diberlakukan larangan berenang di Sungai Liujiang.

Untuk setiap ikan piranha yang tertangkap maka pemburunya akan mendapat hadiah sebesar 1.000 yuan atau setara dengan Rp1,6 juta.

Pihak berwenang juga menyediakan daging untuk digunakan sebagai umpan dan larangan menggunakan jala di beberapa kawasan sungai untuk sementara dicabut guna memudahkan perburuan.

Pengumuman tentang hadiah ini membuat sedikitnya 40 orang langsung bergerak dengan alat pancing maupun jala, sementara beberapa nelayan sampai mengerahkan perahunya.

"Kami menggunakan jala dengan umpan daging babi dengan kedalaman sekitar 30 sentimeter. Ikan akan bisa melihat umpan. Jika dia menggigit umpan, kami akan menarik jala," tutur salah seorang yang ikut memburu piranha, Liao Bangzhu, kepada kantor berita Reuters.

Belum berhasil

Namun sejak perburuan berlangsung mulai Senin 9 Juli, belum ada laporan tentang ikan piranha yang tertangkap.

Tingginya minat untuk menangkap ikan piranha itu karena imbalan yang ditawarkan relatif tinggi jika dibandingan dengan pendapatan rata-rata warga Liuzhou.

"Beberapa teman saya memancing pada hari Selasa. Pikirkan saja, uang yang mereka dapat dari tiga ikan piranha sama dengan pendapatan sebulan. Bagaimana mereka tidak tergoda," kata warga Liuzhou, Zhu Feijie.

Koran China Daily melaporkan ikan asal Amerika Selatan itu diimpor secara gelap untuk dijual sebagai ikan peliharaan di akuarium dan pemiliknya diduga melepaskannya ke sungai, walau tidak disebutkan motifnya.

Juga tidak jelas berapa banyak ikan piranha yang berada di dalam sungai tersebut. ((bbc/bbc & detik.com

No comments:

Post a Comment