Saturday, June 16, 2012

Tidur Siang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Tidur saat istirahat siang membantu menurunkan resiko kematian.


Tak banyak yang menyadari, tidur sesaat saat istirahat siang membantu menurunkan resiko kematian, terutama pada pria muda berbadan sehat. Penelitian yang dilakukan ilmuwan Yunani selama rentang waktu enam tahun tersebut menyebutkan tidur siang selama kurang lebih 30 menit sedikitnya tiga kali seminggu memiliki resiko 37 %lebih rendah mengalami gangguan sakit jantung. Para ahli mengungkapkan tidur siang membantu orang untuk rileks dan mengurangi tingkat stres mereka.
Bahkan gangguan jantung lebih kecil ditemukan di negara yang rutin tidur siang, meski sejumlah studi menunjukkan hasil yang berbeda. para peneliti menyatakan mereka yang tidur siang memiliki resiko lebih rendah menderita gangguan jantung sebanyak 34 persen dibanding mereka yang tak tidur siang.
Sementara mereka yang tidur siang lebih dari 30 menit selama tiga atau lebih dalam setiap minggunya memiliki catatan 37 %lebih rendah terkena gangguan jantung.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung.

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia dan merpakan motor utama dalam pengaliran darah. Oleh sebab itu kesehatan sangat penting. Namun banyak dari kita yang tidak terlalu mewaspadainya karena sakit jantung tidak seperti sakit lainnya yang selalu dimulai dengan gejala-gejala yang jelas. Berikut tips cara menjaga kesehatan jantung kita.

- Hindari Rokok
Penelitian mengatakan bahwa orang yang merokok memiliki peluang 2 kali lipat sakit jantung dibanding dengan orang yang tidak merokok atau perokok pasif. Saat anda berhenti merokok, resiko itu akan berangsur menurun.

- Kurangi Garam
Garam dapat menyebabkan hipertensi yang nantinya dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung. Untuk menjaga kesehatan, konsumsi lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

- Kurangi Alkohol
Konsumsi alkohol juga dapat merusak otot cardiac yang dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung.

- Olah Raga Teratur
Jantung terdiri dari otot otot dan otot-otot tersebut membutuhkan latihan. Salah satu cara adalah dengan melakukan olah raga. Para ahli menyarankan olah raga teratur sekitar 30 menit setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

- Rutin Cek Kolesterol
Orang yang memiliki kolesterol yang tinggi memiliki resiko yang tinggi terhadap serangan jantung, stroke, dan penyakit yang mempengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh. Oleh karena itu check up kolesterol secara rutin sangat baik untuk menjadi indikasi kesehatan jantung kita.



No comments:

Post a Comment