Tuesday, May 15, 2012

Lionel Messi Sabet Sepatu Emas Eropa

Lionel Messi Sabet Sepatu Emas EropaLionel Messi telah memenangi Sepatu Emas Eropa setelah menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi negara-negara benua biru tersebut sepanjang musim 2011/12 dengan torehan 50 gol.

Koleksi gol yang diraih Messi sepanjang musim ini empat lebih banyak dibandingkan rival terdekatnya Cristiano Ronaldo. Walau Messi tidak melesakkan gol di pekan terakhir La Liga Spanyol, Ronaldo hanya mencetak satu gol ketika Real Madrid mengalahkan Malaga 4-1.

Sedangkan peringkat tiga ditempati striker Arsenal Robin van Persie dengan torehan 30 gol, diikuti penyerang Schalke Klaas-Jan Huntelaar dengan 29 gol.

Zlatan Ibrahimovic yang menjadi orang pertama mendapatkan gelar Capocannoniere di dua klub berbeda di Serie A Italia, menempati peringkat kelima dengan catatan 28 gol.

Sistem penilaian peraih Sepatu Emas Eropa tidak ditentukan dari banyaknya gol, melainkan besaran poin yang diperoleh setelah dikalikan jumlah gol yang dicetak pemain.

Bobot poin berdasarkan kepada ranking liga di UEFA. Lima liga besar mendapatkan bobot dua, dan jumlah gol yang dilesakkan dari kelima liga itu dikalikan dua. Sedangkan liga ranking enam sampai 21 mendapatkan bobot 1,5. Sementara selebihnya dikalikan satu.

No comments:

Post a Comment